Foto saya
I work at home as a full time mother.....
Diberdayakan oleh Blogger.

RSS

Rabu, 10 Oktober 2012

Jadi sodara sekaligus sobat...kenapa ngga???



Banyak yang berpendapat, curhat sama sobat lebih nyaman ketimbang sama saudara sendiri. Bisa jadi, pendapat ini juga diamini oleh kakak atau adik kita. Makanya, mereka lebih senang berbagi cerita pribadi dengan sobat-sobatnya dibandingkan kita.

Hmm, padahal kalau mengikuti pepatah “blood is thicker than water,” kita sebenarnya lebih bisa lho, menjadi orang kepercayaan sekaligus teman curhat paling nyaman buat saudara kita sendiri. Seperti apa caranya?

Mendengarkan Tanpa Prasangka
Kalau sudah menyangkut keluarga, biasanya kita suka terbawa emosi. Makanya, ketika mendengar kakak atau adik sedang punya masalah, kita seringkali menuduh mereka yang salah. Eits, kali ini, coba dengarkan dulu penjelasan mereka sampai selesai. Ada kalanya, mereka cuma butuh untuk didengarkan dan dikasih perhatian.

Kasih Solusi Bijak
Caranya, dengan memberi solusi semampu kita. Nggak perlu ribet atau ikut campur masalah mereka, sih. Tapi, kasih pendapat atau pandangan yang objektif dari masalah itu. Keputusan akhirnya, biar mereka sendiri yang menentukan.

Tahu Kapan Harus Mengadu
Dikit-dikit mengadu ke ortu, hmm… kalau begini mereka bakal susah percaya nih, sama kita. Kuncinya, jangan mengadukan cerita yang belum jelas buktinya atau membocorkan rahasia-rahasia kecil dari mereka. Kalau memang masalah mereka urgent dan berat, ajak mereka untuk menceritakan sendiri masalahnya ke ortu dan kita bisa bantu dengan mendampingi mereka menghadap ke ortu...

okey plen kita pasti bisa jadi sodara sekaligus sobat...

#sumber : Gadis.co.id#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar